Memasang Label di Rumah Orang Miskin, Jalan Keluarkah ?

4 01 2009

Image Ini suatu ide yang cukup mantap dari wakil Bupati Bungo, Sudirman Zaini dengan wacana untuk memasang label di rumah-rumah orang miskin. Karena ada kecendrungan orang-orang yang dinilai mampu, mengaku-ngaku jadi orang miskin untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti BLT, berobat gratis, sekolah gratis dan Dana-dana lainnya.

Menurut Sudirman Zaini, dari pengamatannya hal ini tidak saja terjadi di Bungo saja, juga terjadi di banyak daerah di Indonesia. Soalnya bantuan-bantuan untuk orang miskin banyak juga dinikmati oleh orang-orang kaya-kaya. Ini terjadi dari pendataan awal, seperti di RT-RT/ Dusun-Dusun, sang kepala RT atau dusun, sengaja memasukkan keluarganya yang mampu, mereka tahu akan ada bantuan  dari pemerintah.

Wabup Bungo ini mensinyalir, saat ini sudah banyak orang yang tidak mempedulikan orang lain, karena mereka sudah kehilangan rasa kesetiakawan, rasa peduli dengan orang lain. Bahkan lebih parah lagi, kejujuran sudah luntur terhadap dirinya.

Sudirman Zaini mengatakan hal itu saat memperingati tahun baru Islam 1430 Hijriyah sekaligus memasuki tahun baru 2009 M bersama masyarakat muslim Tionghoa yang tergabung dalam wadah organisasi PITI (Persatuan Islam Tioghoa Indonesia) Kabupaten Bungo, di rumah Ketua PITI Bungo Sunarto alias Ahong di Sungai Pinang, Muaro Bungo, Minggu (4/1) sore.

Untuk itu, jelas Wabup ada wacana memasang label di rumah orang miskin, kalau orang kaya mengaku miskin, nanti di rumahnya akan terpasang label orang miskin.” Ini salah satu upaya  membuat rasa malu, tapi program ini perlu di perbincangan lebih serius lagi,” ujarnya.

Pada kesempatan Ketua PITI Kabupaten Bungo H. Ahong melaporkan keluarga anggota PITI di Bungo 65 kepala keluarga dengan 215 orang jiwa.” Ahong minta pemuka agama Islam aktif memberi bimbingan kepada keluarga mualaf serta ada rasa solidaritas terhadap sesama muslim,” ujarnya  (Mursyid Sonsang)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: