Batik Jambi Di Tengah Serbuan Batik Jawa Dan China

13 09 2008
batik jambi

batik jambi

KOTA JAMBI – Ratu Mas, salah seorang pembatik Jambi yang hingga kini masih bertahan di tengah serbuan baik cetak dari Jawa dan China. Karena ke khasannya dengan motif alam dan budaya Jambi. .
Ratu Mas adalah pengelola Sangar Batik Hajah Nurmah, yang berada di Desa Tanjung Raden, Seberang Kota Jambi.
Menjelang hari raya idul fitri 2008 ini, banyak pesanan yang harus disiapkan, dari perorangan hingga pesanan dari pedagang batik di kota Jambi.
Sekitar 15 pekerja di sangar ini, harus bekerja keras menyiapkan batik-batik ini, “ Sebagaian mereka kita lemburkan, untuk mengejar pesanan hingga Idul Fitri mendatang,” ujar Ratu Mas.
Pesanan mencapai 50 potong, sedangkan hari biasa paling banyak 30 potong. Jenis kainnya katun, sutera.” Semua batik-batik itu, kita kerjakan dengan tangan, atau batik tulis,” ujarnya.
Harga kain batik sutera bervariasi, tergantung jenis suteranya, berkisar Rp 100 hingga Rp 1 juta per meternya, sedangkan kain katun berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.
Sambil mengenang masa lalu, Ratu Mas membandingkan omzetnya sepuluh tahun lalu, rata-rata bisa 100 potong tiap minggunya. “Pada waktu itu, masa kejayaan batik Jambi, tamu dan pesanan dari pemda cukup banyak.” Ujarnya.
Mahalnya batik tulis Jambi, seiring dengan mahalnya bahan baku, seperti kain, alat untuk membatik. Semua bahan baku itu, didatangkan dari Jawa. “ Sesama batik tulis, antara jawa dan Jambi, tetap saja batik jambi lebih mahal, apalagi dibandingkan dengan batik cetak” ujarnya.
Saat ini di pasaran Indonesia, termasuk Jambi, Serbuan batik cetak dari Cina begitu dahsyat, dengan harga yang murah meriah, batik-batik Cina ini cepat menguasai pasar, sebagian mereka memakai motif-motif Indonesia.
Para pembatik di Jawa, pusatnya batik membatik, kelimbungan menghadapi masuknya batik Cina. Apalagi daerah lain.
Walaupun demikian peminat batik Jambi, masih tetap ada, para pembeli umumnya, ingin memiliki batik Jambi, karena rasa kebangaan memakai batik Jambi, yang tidak kalah mutu dan kualitasnya dengan batik dari daerah lainnya.
Menurut Farida, salah seorang pemakai fanatik batik Jambi, walaupun agak mahal, tapi ada kebanggan memakai batik produksi pengrajin daerah sendiri, “ Tiap tahun saya selalu membeli batik Jambi, ada kebanggan memakainnya,” ujar Farida.
Kekhasannya batik Jambi itu, dari motif dan warnanya yang agak berani, motif yang sangat terkenal, seperti durian pecah, buah manggis, pujuk rebung dan lainnya. (Mursyid Sonsang)


Aksi

Information

7 responses

16 09 2008
Jay

Mau donk batiknya….

16 09 2008
thevemo™

saya lebih seneng pakai batik jambi ketimbang jawa

14 04 2011
Muklas

kenapo ko lebih suko pake batik jambi …

16 09 2008
Linambaran Faradha Qisthas

Batik….
kita pikir komoditas yang cocok, untuk mengangkat harkat dan martabat budaya bangsa…itung² sebagai sarana juga untuk mendukung Visit Indonesia …
Bagaimana kalo pemerintah menggalakkan batik, misalnya Para Anggota Dewan yang terhormat di anjurkan mengenakan batik saja (he he he ketimbang pake tekstil import dari China…. khan lumayan bisa ada sumbang sih terhadap industri tekstil kita…. batik ngetop bangsa bermartabat pake’ produk sendiri…. dan pola konsumtif bisa ditekan dengan cara gak usah pake’ tekstil impor….
Bill Gates (Bos’nya Microsoft aja keliatan good looking koq pake batik…. kita-kita koq enggan pake’ batik)

Buat Pak Mursyid maju terus pantang mundur….
Kalo saya pake Batik masih belom PD he he he( Proudly Uniform adalah Kaos Oblong)

21 09 2008
Jiwa Musik

bro, sy turut berduka cita se-dalamnya atas nasib batik tulis yg amat mengenaskan

Ibu, seorang volunteer batik tulis di Jogja, waktu mudik ruwah (sbl ramadhan), sy dapat kisah2 mengenaskan ttg SENI batik tulis. Ibu sy menanyakan apakah bisa minta tolong dijualin lewat internet?
Wah lha ya…. saya bingung sekali menjawabnya, pertama saya buta sama sekali ttg bisnis di internet, dan sy juga buta sama sekali ttg bisnis batik. Padahal, Ibu sy itu udah muter2 studi batik di berbagai kota baik dalam maupun luar negri aja masih bingung banget. Lhah apalagi saya.
Oh ya, yg mau dijualin ama Ibu saya itu SENI batik tulis karya2 abdi dalem kraton jogja.

Modah2an lewat blog ini bisa lebih dikenalkan kpd masyarakat luas, apa itu SENI batik tulis. Terimakasih sebelumnya, saya senang bisa baca postingan ini.

Salam kenal

13 11 2008
Batik Jambi

Batik sesuatu yang harus di lestarikan, Jangan sampai di clam oleh orang luar sebagai produk budaya mereka.

25 01 2010
R. Syamsurizal

Dalam rangka mendukung kemajuan industri Batik Nasional,
maka dibutuhkan pola hubungan antar penyangga industri ini dengan baik.

Kami sebarkan kabar ini, bahwa kami menawarkan kerjasama kepada
seluruh pengusaha Batik Jambi, sebagai penyedia CAP BATIK, segala motif.

Kami berkedudukan di Solo Jawa Tengah. Kami menaungi kelompok pengrajin Cap Batik.

Yang kami tawarkan adalah jasa penyediaan Cap Batik dengan Cepat & Berkualitas!!
*Cepat, karena kita sedang bersaing dengan serbuan dan ancaman barang2 asing. *Berkualitas, karena pengrajin kami sangat berpengalaman.
sehingga sangatlah sederhana, hanya dengan menghubungi kami di 085920632189. Kirimkan motif, kami kerjakan dan dikirim ke alamat anda.
Insya Allah, Indonesia akan tetap “membatik” dunia. Amin

R. Syamsurizal. Bratan- Laweyan, Solo.
085920632189, saracen_knight2001@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: